PENGGUNAAN PLATFORM LEARNSOCIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP KUSUMANEGARA

Megawati ., Eka Rista Harimurti, Urwatul Wutsqah, Ivon Mukaddamah

Abstract

Selama pembelajaran daring saat ini berbagai macam media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk memudahkan penyampaian ilmu dari dosen kepada mahasiswa. Pemilihan berbagai media yang tepat sangat membantu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan menulis bahasa Inggris mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris setelah menggunakan platform learnsocial. Serta bagaimana penerapan platform learnsocial dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Inggris. Penelitian tersebut dilaksanakan kepada mahasiswa semester tujuh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Metode penelitian tersebut adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan. Tahapan tersebut adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Selama pembelajaran keterampilan menulis di siklus I didapatkan hasil 65% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran dan 35% mahasiswa tidak tuntas. Kemudian dilanjutkan ke siklus II, yang didapatkan hasil 85% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Inggris dan 15% mahasiswa tidak tuntas dalam pembelajaran. Platform learnsocial sangat membantu proses pembelajaran keterampilan menulis mahasiswa. Mahasiswa dapat mengerjakan latihan yang terdapat dalam platform tersebut dengan menggunakan handphone ataupun laptop serta kemajuan nilai dapat dilihat pada sistem platform tersebut

Kata Kunci: Platform Learnsocial, Keterampilan Menulis

 

 

Full Text: Dowload PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.54776/jip.v13i1.295

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.