PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS 101 DI SMA NEGERI 3 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Hamran Hamran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran ekonomi pada materi menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang dan juga untuk mendapatkan gambaran tentang respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Subjek penelitian ini sebanyak 33 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 16 perempuan. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, observasi, angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi pada materi menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)  bagi Peserta Didik kelas 101 SMA Negeri 3 Sungguminasa. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil perolehan nilai peserta didik yaitu pada siklus I nilai hasil belajar peserta didik sebesar 39,39 persen atau 13 orang peserta didik yang berada pada kategori tuntas. Pada siklus II persentase nilai hasil belajar Peserta didik sebesar 81,81 persen atau 27 orang peserta didik yang berada pada kategori tuntas. Pada siklus III persentase nilai hasil belajar peserta didik sebesar 87,87 persen atau 29 orang  peserta didik yang berada pada kategori tuntas. Dari siklus I, siklus II dan siklus III menunjukkan meningkatnya hasil belajar peserta didik  secara signifikan.

Kata Kunci: Model Cooperatif Learning Tipe TAI, Hasil Belajar.

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.