MODEL PENCEGAHAN KONFLIK ANTARA IMIGRAN PENYADAP GETAH PINUS DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI KABUPATEN MAROS

Umar Kamaruddin

Abstract

        Penelitian ini  berjudul Model Pencegahan Konflik Antara Imigran Penyadap Getah Pinus dengan Masyarakat Lokal di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah variabel-variabel apa saja yang paling menonjol dapat memicu konflik serta variabel apa saja yang dapat meredam atau mencegah terjadinnya konflik. Permasalahan selanjutnya  adalah bagaimana bentuk model pencegshsn yang dapat digunakan guna mredam potensi konflik yang sewakt-waktu biaa s terjadi di masyarakat.

        Dengan permasalahan pokok yang dikemukakan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini  adalah ditemukannya model pencegahan terhadap potensi konflik yang sewakt-waktu dapat terjadi di masyarakat, dengan target utamanya adalah  terwujudnya kedamaian dan keamanan di tengah-tengah masyarakat dan pada akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

        Rencana kegiatan dalam mewujudkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, maka penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua tahun dengan tahapan-tahapan dalam setiap tahunnya sebagai berikut  : Tahun Pertama (I),  ingin mengetahui dan selanjutna menginventarisir potensi konlik baik factor penyebab maupun factor penghambat. Sementara untuk tahun kedua (II),  adalah menemukan model pencegahan potensi konflik di dalam masyarakat pada umumnya dan masyarakat di lokasio pnelitian pada khususnya.

 

Kata Kunci: Konflik, Imigran, Getah Pinus

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.