STUDY GIZI ANAK TK (TAMAN KANAK-KANAK) TERHADAP HASIL BELAJAR DI KECAMATAN MAPPAK KABUPATEN TANA TORAJA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk “Mengetahui hubungan status gizi anak TK (Taman Kanak-Kanak) terhadap hasil belajar di kecamatan Mappak Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Sampel penelitian ini di ambil secara acak yaitu random sampling. Adapun hasil yang di didapatkan yakni 7 orang yang bergizi baik namun hasil belajarnya mulai berkembang (MB). Namun terdapat 7 pula orang anak yang gizinya kurang namun hasil belajarnya berkembang sesuai harapan (BSH), selanjutnya terdapat 26 orang anak yang memiliki gizi baik sudah berkembang sesuai harapan (BSH). Banyaknya anak dengan status gizi kurang sebanyak 7 orang anak dan gizi baik sebanyak 33 orang. Adapun sebanyak 7 orang anak yang hasil belajarnya mulai berkembang (MB) dan 33 anak yang hasil belajarnya berkembang sesuai harapan (BSH). Kesimpulan yang diperoleh bahwa secara deskriptif, status gizi menunjukkan hubungan yang positif terhadap hasil belajar anak, hal ini di tunjukkan dengan banyaknya anak yang memiliki gizi baik memperoleh hasil belajar yang baik pula yakni berkembang sesuai harapan (BSH).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.51336/cb.v6i2.426
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Minavianti Minavianti, Ahmad Hasyim, Herlina Herlina, Andi Dewi Rizka Ainulia Makerra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.