PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 6/75 TA’ KABUPATEN BONE

Wiwik Wiji Astuti, Andi Nur Veryani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Ta’ Kabupaten Bone. Faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah model pembelajaran assure dan hasil belajar IPA siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yakni data aktivitas belajar diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas yang berisi sejumlah indikator pengamatan aktivitas sesuai dengan sintaks model pembelajaran assure yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai tugas dan nilai tes hasil belajar yang dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa secara umum terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II pada setiap indikator aktivitas belajar yang diamati. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar IPA siswa menunjukkan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 67,14 meningkat pada siklus II yaitu 87,14.


Keywords


Model Pembelajaran Assure, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v6i2.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Wiwik Wiji Astuti, Andi Nur Veryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.