PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAJENE
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif partisipatoris, adanya kerjasama antara peneliti (pengamat) dengan guru (pelaku tindakan untuk mencapai tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene. Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi secara berulang. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. yaitu sebesar 27,34% dengan kategori aktif. Berdasarkan analisis statistik deskriptif nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 48,74 menjadi 77,67 setelah proses pembelajaran dilakukan sebanyak dua siklus. Nilai hasil belajar yang diperoleh pada siklus II termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase ketuntatasan nilai hasil belajar sebesar 70,97%. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan media mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.51336/cb.v6i2.424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Baso Mulfi Ubaidillah, Ninah Wahyuni Amaliah, Surahman Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.