PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH JAYAPURA TAHUN AJARAN 2018/2019

Eka Sugiarti, Ruth Megawati, Maik Akobiarek

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar IPA pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura. Penelitian ini di laksanakan di SMP Muhammadiyah Jayapura dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design Type Nonequivalent Control Group Design menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Jayapura. Sampel adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang ditentukan secara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket (kuesioner), dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap minat dan hasil belajar. Siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa model picture and picture terhadap minat belajar siswa dengan nilai sig. 0.021 < 0.05 atau t hitung > t tabel yaitu 2.430 > 2.036. Sedangkan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig. 0.002 < 0.05 atau t hitung > t tabel yaitu 3.413 > 2.036. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap minat dan hasil belajar siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Picture and Picture, Minat Belajar, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v6i2.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Eka Sugiarti, Ruth Megawati, Maik Akobiarek

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.