PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 13 MAKASSAR

Andi Nur Veryani, Wiwik Wiji Astuti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 13 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran course review horay sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 untuk kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa data hasil pretest dan postets kelas eksperimen menunjukkan 0,046<0,05 yang berarti terdapat pengaruh sedangkan data pada hasil pretest dan postets kelas kontrol menunjukkan 0,435>0,05 yang berarti tidak terdapat pengaruh. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay  terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI  dilihat dari hasil analisis uji Independent Sample t-Test yaitu thitung  (2.044) > ttable (1.67528).


Keywords


Model Pembelajaran Course Review Horay, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v6i2.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Andi Nur Veryani, Wiwik Wiji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.