KORELASI PERSEPSI PESERTA DIDIK MENGENAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SENDANA

Jirana ,, Firman ,, Masmawati .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui korelasi persepsi peserta didik mengenai kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA di sekolah SMA Negeri 1 Sendana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana yang berjumlah 142 tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini sebaanyak 100 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) Variabel bebas adalah persepsi peserta didik mengenai kompetensi keribadian guru; (2) Variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan; hubungan kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar peserta didikberada pada kategori rendah.

Kata kunci: Peserta didik, Kompetensi Kepribadian Guru, Hasil Belajar




DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jirana ,, Firman ,, Masmawati .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.