PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS X IPA SMA MADANI MAKASSAR

Andi Nur Veryani, Wiwik Wiji Astuti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar IPA siswa kelas X IPA SMA Madani Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Madani Makassar, sedangkan sampel penelitian diambil dari semua anggota populasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPA berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas X IPA SMA Madani Makassar sebelum dan sesudah diajar meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token berbeda secara signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Tokenberpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas X IPA SMA Madani Makassar.

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe time token, hasil belajar, IPA




DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Nur Veryani, Wiwik Wiji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.