PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Novia Anugra, St. Humaerah Syarif, Andi Dewi Rizka Ainulia M

Abstract


Konsep diri adalah gambaran diri yang dinamis, penilaian diri, dan penerimaan diri yang terbentuk melalui persepsi dan interpretasi diri dan lingkungan. Konsep diri dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang fakta-fakta sudah ada dilapangan. Artinya semua variabel yang dikaji sudah terjadi. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhahadap motivasi belajar. Sementara untuk hasil belajar menunjukkan bahwa konsep diri memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap hasil belajar.

Keywords: Konsep Diri, Motivasi Belajar, hasil Belajar




DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novia Anugra, St. Humaerah Syarif, Andi Dewi Rizka Ainulia M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Biology Education Study Program, University of Patompo


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.