PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP MADANIA MAKASSAR

Andi Nur Veryani, Irnayanti Bahar

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan pendekatan kualitatif, bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Madania Makassar dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Madania Makassar yang terdiri dari 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan, dapat dilihat pada Siklus I yang masih berada pada kategori kurang, sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatakan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Madania Makassar.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Guided Teaching

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v4i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Nur Veryani, Irnayanti Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher: Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.