PERBANDINGAN METODE DISKUSI DAN METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SIWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SMP PROTESTAN MAKASSAR

Andi Taskirah, Yunita Dupa

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan antara kelas yang diajar menggunakan metode diskusi dan metode resitasi tentang sistem peredaran darah pada kelas VIII SMP protestan Mkassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi dan metode resitasi pada materi system peredaran darah kelas VIII SMP Protestan Makassar tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester I SMP Protestan Makassar tahun 2019/2020 dan di peroleh sampel sebanyak 45 siswa. Sampel ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok diskusi (kelas A) dan kelompok resitasi (Kelas B).Desain penelitian yang digunakan adalah Matcing Pretest-Post-test Control Group Desain. Dengan analisis statistic deskriptif untuk motivasi dan analisis statistic inferensial untuk hasil belajar dan secara manual dianilisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan 2 mean. Dari analisis diatas motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi metode diskusilebih tinggi dari pada hasil belajar biologi dengan menggunakan metode resitasi pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dan metode resitasi pada materi system peredarandarahkelas VIII SMP Protestan Makassar TahunAjaran 2019/2020. Nilai pada metode diskusi lebih efektif dibandingkan dengan nilai pada metode resitasi.

Kata Kunci : Perbandingan Metode Diskusi, Metode Resitasi, Motivasi dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v4i2.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Taskirah, Yunita Dupa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher: Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.