EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AUDITOR INTELECTUALLY REPETITION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 10 GOWA

Sri Mukminati Nur, Ryan Humardani Syam Pratomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis Deep Dialogue Critical Thinking dengan menggunakan model Auditor Intelectually Repetition di kelas X SMA Negeri 10 Gowa. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2020 di SMA Negeri 10 Gowa Kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Gowa sebanyak 25 orang yang terdiri laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan sebanyak 15 orang di SMA Negeri 10 Gowa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dikumpulkan kemudian diolah menggunakan analisis deskiptif dengan pedoman acuan berupa tabel kategori hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa distribusi nilai statistik hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Gowa pada efektivitas strategi pembelajaran berbasis Deep Dialog Critical Thinking dengan menggunakan model Auditor Intelectually Repetition mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut diperoleh dari nilai tertinggi, nilai terendah dan nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai tertinggi siswa pada siklus I yaitu 80 dan pada siklus II meningkat menjadi 95, nilai terendah siswa pada siklus I yaitu 45 dan pada siklus II meningkat menjadi 60 dan nilai rata-rata siswa pada sikilus I yaitu 64,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,2 mencapai nilai KKM 75.

Kata Kunci : Deep Dialogue, Critical Thinking dan AIRI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v4i1.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Mukminati Nur, Ryan Humardani Syam Pratomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher: Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.