EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Isnada Isnada, Masding Masding

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan pelaksanaan pembelajaran biologi, Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi dengan model Discovery learning dan untuk mengetahui hasilbelajar pada pembelajaran biologi dengan menggunakan modelDiscovery learning hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IA 2 SMA Negeri 12 Makassar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) denngan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 12 Makassar yang berjumlah 39 orang dan sampel sebanyak 39 orang.Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar Biologi dan Pedoman angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar biologi Siswa kelas XI IA 2 SMA Negeri 12 Makassar yang mengikuti pelajaran dengan penerapan model pembelajaran Discovery learning adalah 85,06 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi Siswa kelas SMA Negeri 12 Makassar yang mengikuti pelajaran tanpa penerapan model pembelajaran Discovery learning adalah 70,04. Jadi penerapan model pembelajaran Discovery learning efektif dalam membelajarkan siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IA 2 SMA Negeri 12 Makassar.

Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51336/cb.v4i1.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Isnada Isnada, Masding Masding

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher: Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.