Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Makassar

Nur Indah Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT dan dan model pembelajaran kooperatif Tipe GI pada siswa kelas VIII SMP Nasiponal Makassar. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain nonequivalent kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional-Makassar, dengan sampel yaitu siswa kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Nasional-Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil uji t menunjukan bahwa; nilai thitung = 2,163> nilai Ttabel = 2,000 dari derajat kebebasan dengan kesalahan 5% .Dengan demikian dapat masudkan bahwaada perbedaan yang signifikan hasil belajar Biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipeTeams Games Tournament dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII SMP Nasional Makassar.

 Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tornament(TGT),Kooperatif  Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.