Pengaruh Strategi Pembelajaran Induktif Berbasis Masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Biologi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar

Haris Munandar, St Humaerah Syarif

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran induktif berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian adalah adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah penilaian hasil belajar biologi pada semester genap (VI) tahun akademik 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random kelas (Class Random Sampling). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket untuk motivasi belajar dan pretest-postest untuk hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,27 dan kelas kontrol 73,03 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 7,46 dan 9,95. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Independent Samples T-test melalui program SPSS for Windows 20, diperoleh nilai signifikan 0.033. Nilai signifikan 0.000 < α= 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran induktif berbasis masalah berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa mata kuliah penilaian pembelajaran biologi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PI Makassar.

Kata kunci:  Strategi pembelajaran induktif berbasis masalah, motivasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.